Mengenal Water Level Controller Dan Cara Penggunaannya

Mengenal Water Level Controller Dan Cara Penggunaannya
Hobo Water Level Controller
Water Level Controller atau yang sering disebut pengendali permukaan air, adalah suatu piranti listrik yang berguna sebagai pengatur tinggi rendahnya permukaan air dalam suatu wadah.

Water level controller (WLC) banyak dipakai dalam aplikasi pengontrol level air, terutama dalam pengontrolan Level tangki, Level Air Sungai atau Waduk, Kolam Water treatment, dan lainnya. Dengan modifikasi wiring dan program PLC, maka WLC dapat dikombinasikan sebagai pengontrol start dan stop diesel pump atau motor induksi water treatment hotel, rumah sakit, mall, apartemen, gedung tinggi, dan lainnya.

Pengembangan sistem kontrol jarak jauh / telemetry juga telah dipakai untuk monitoring tangki, sungai atau waduk di daerah yang sangat sulit dijangkau. Pemakaian sistem telemetry menjadi kebutuhan sehari-hari lainnya termasuk sistem pompa, monitoring lingkungan ( suhu, kelembaman, pencemaran udara, dan kondisi lingkungan ).  

Secara singkat prinsip kerja WLC ini adalah mengatur kerja pompa air yang akan mengisi bak air/ tanki dengan ketinggian air sebagai acuannya.

Ketika air dalam tanki akan habis, maka sensor yang mengindra level paling bawah air akan memberikan sinyal ke WLC, dan selanjutnya WLC memberikan perintah untuk menyalakan pompa. Sebaliknya ketika air dalam tanki yang diisikan oleh pompa tadi sudah mencapai level atas maka sensor yang mengindra level paling atas air akan memberikan sinyal ke WLC, dan selanjutnya WLC memberikan perintah untuk mematikan pompa, begitu seterusnya.

Rangkaian Water Lever Control atau yang sering disingkat dengan WLC atau rangkaian kontrol level air merupakan salah satu aplikasi dari rangkaian konvensional dalam bidang tenaga listrik yang diaplikasikan pada motor listrik khususnya motor induksi untuk pampa air.

Fungsi dari rangkaian ini adalah untuk mengontrol level air dalam sebuah tangki penampungan yang banyak dijumpai di rumah-rumah atau bahkan disebuah industri di mana pada level tertentu motor listrik atau pompa air akan beroperasi dan pada level tertentu juga pompa air akan mati.
Mengenal Water Level Controller Dan Cara Penggunaannya Mengenal Water Level Controller Dan Cara Penggunaannya Reviewed by taharica on 22.40.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads