Mengukur Putaran Dengan Torsi Meter




       Halo Netizen, apa kabar nih..? smoga sehat semua yah,
kali ini saya bakalan jelasin tentang torsi, sebelumnya pada tau ga torsi itu apa?
heem, saya jelasin dulu torsi itu apa ?

        Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan mobil dari kondisi diam hingga bisa berjalan. Torsi lebih berpengaruh ke akselerasi. Jika Anda merasa terhentak ketika mobil mulai berjalan, itu adalah besarnya angka torsi pada mobil tersebut.

Dalam konteks kendaraan bermotor maka torsi merujuk kepada kemampuan mesin untuk bekerja. Ibaratnya, torsi adalah energi mesin.

Gaya tekan putar pada bagian yang berputar disebut torsi, sepeda motor digerakan oleh torsi dari crankshaft.

Torsi = gaya x jarak

Jika gaya F ( Kg ) dikerjakan pada pemutaran yang mempunyai panjang r ( m ) untuk mengencangkan baut, maka torsi yang digunakan adalah F.r ( kg m ). Perubahan torsi ( reduksi pertama dan reduksi kecepatan dilakukan oleh gear box ) seperti pada gambar jika torsi F bekerja pada roda gigi A ( dengan radius r ) yang berhubungan dengan roda gigi B ( dengan radius 2r ) torsi pada roda gigi A; TA = T F x r. torsi pada roda gigi B ; TB = F x 2r. makin banyak jumlah gigi pada roda gigi makin besar torsi yang terjadi sehingga kecepatan direduksi menjadi separuhnya.

Keadaan didalam mesin
Panjang dari pemutaran ( r ) adalah disamakan dengan jarak dari crankshaft ke crank pin, ini berarti separuh dari langkah piston. Gaya ( F ) yang dikerjakan pada pemutar disamakan dengan tekanan kompresi yang dihasilkan oleh gas hasil pembakaran yang mana akan mendorong piston kebawah oleh karena itu torsi ( T ) berubah sesuai dengan besarnya gaya ( F ) selama r tetap. Besarnya gaya F, berubah sesuai dengan perubahan kecepatan mesin ini berarti dipengaruhi oleh efisiensi pembakaran demikian juga T juga ikut berubah.

Torsi Mesin

Torsi adalah ukuran kemampuan mesin untuk melakukan kerja, jadi torsi adalah suatu energi. Besaran torsi adalah besaran turunan yang biasa digunakan untuk menghitung energi yang dihasilkan dari benda yang berputar pada porosnya. Adapun perumusan dari torsi adalah sebagai berikut. Apabila suatu benda berputar dan mempunyai besar gaya sentrifugal sebesar F, benda berputar pada porosnya dengan jari-jari sebesar b, dengan data tersebut torsinya adalah:
T = F x d (N.m)
dimana:
T = Torsi benda berputar (N.m)
F = adalah gaya sentrifugal dari benda yang berputar (N)
d= adalah jarak benda ke pusat rotasi (m)
Karena adanya torsi inilah yang menyebabkan benda berputar terhadap porosnya, dan benda akan berhenti apabila ada usaha melawan torsi dengan besar sama dengan arah yang berlawanan.


Mengukur Putaran Dengan Torsi Meter Mengukur Putaran Dengan Torsi Meter Reviewed by taharica on 19.25.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads